Sabtu, 03 Juli 2010

"Good Luck" atau "Bad Luck"?


Awal mulanya, gue ga tau perusahaan apaan nih. Orang-orang pada banyak daftar ke sini, ya udah gue coba aja. Tes pertamanya, gue dihadepin sama orang yang ngetes gue, wanita yang cukup muda dan cantik kalo ga salah. (gue ga berani lirik-lirik, ntar dimarahin cewek sebelah gue). Nah aturannya tuh gini, dia punya banyak kartu yang isinya pertanyaan. Satu kartu satu pertanyaan, terus gue disuruh ambil salah satunya. Pertanyaannya dalam bahasa inggris, terus gue harus jawab tuh pertanyaan pake basa inggris juga (ga boleh pake basa basi juga). Pertanyaannya rata-rata pertanyaan terbuka, jadi jawabannya ga ada yang pasti. Gue paling males nih jawab pertanyaan kayak gini.

Pertanyaan yang gue dapet : “Menurutmu, apakah itu menjadi pintar?”
Lalu gue mulai nge-bullshit : “ Menurut saya, menjadi pintar itu berbeda dengan menjadi cerdik. Kalo jadi pintar, itu kalo menyelesaikan masalah harus ‘to do point’ – ga muter-muter dulu (padahal gue jelasinnya muter-muter kemana dulu – berarti gue ga pinter L)”

Gue lanjutin ngebullshit : “Kalo jadi cerdik itu, kadang-kadang kita harus… harus.. harus..” tiba-tiba gue stuck. Lupa mau ngomong apa. Sumpah, tampang gue beneran tampang bego pas lagi tes ini.

Akhirnya gue nanya tuh ke orang yang ngetes gue : “Bu, bahasa inggrisnya ‘curang’ apa ya?”

Eh tuh mbak-mbak malah senyum-senyum ngetawain gue. Tapi akhirnya dia ngejawab, “cheat”

‘heh?’ suaranya ga kedengaran, dia ngomongnya pelan banget. Tengsin juga gue nanya lagi. Ya udah, langsung aja gue sahut, “Nah!! Itu maksud saya bu. Bener itu. Ga salah lagi.” Eh dia malah ketawa-ketawa lihat gue. Apa tampang gue beneran kelihatan bloon ya? Bodo ah.

Eh gue malah ga tau mau lanjutin apa lagi. Diem-dieman deh. Tapi dia langsung nanya, “lalu?”

Gue jawab : “Udah”

Terus diem lagi. Saling tatap-tatapan. Ini apaan sih? Tes kerja atau apa?

Gue coba buat ‘ice-breaking’ : “Ya Bu. Jadi itu dia pendapat saya tentang menjadi pinter . Simple kan bu?“(rasanya gue belom jelasin apa-apa, tapi kok dia ngangguk-ngangguk kayak ngerti sesuatu ya?)

Dia senyum lagi : “Oke terima kasih mas. Silakan tunggu hasilnya.”

Gue bales senyum : “Iya mbak, makasih juga. Eh, siapa mbak namanya?” (Aduh… ngapain sih gue ngasih pertanyaan ini? Ini sih bego bin tolol binti idiot)

Dia senyum lagi : “Anis” (nama samaran)

Gue senyum lagi : “Oh.. Dadah…” (aduh sumpah. Ngasal banget gue pas tes ini. Sambil ngelambaiin tangan lagi. Tapi untungnya dia bales ngelambaiin tangan.)

Ah, gue udah ga peduli juga hasilnya. Ini tes tuh kaya saringan masuk surga. Pesertanya bisa nyampe seribu orang, tapi yang diambil, akhirnya kira-kira cuma 10 orang. Tau ngga apa yang gue lakukan setelah tes tahap pertama ini? Hehehe, gue malah hunting DVD di pusat kota. Padahal, tes selanjutnya pas setelah makan siang. Gue hunting deh tuh DVD sama temen cewe gue. Temen gue kelihatannya bakal lulus, dan gue pasti ga lulus gara-gara jawabnya juga asal-asalan. Karen ague takut menggagalkan teman gue, akhirnya kita pergi ke tempat test.

Pas lihat hasilnya, sungguh mengejutkan. Temen gue ga lulus dan gue mlaha lulus. Dan tebak kesialan selanjutnya apa? Ternyata gue udah terlambat 1 jam. Wah… Gue langsung benerin pakaian, ngerapihin sampe kinclong. Terus gue masuk nemuin si rekruiter yang tampangnya serem (padahal sebenernya baik hati lho, sepertinya itu cuma strategi aja buat nguji mental si peserta). Terus gue jelasin semuanya. Gue jelasin kalo gue telat gara-gara tadi hujan, terus ban motor gue bocor. Terus dia lihati gue, dan gue cuma nyengir. Beliau jawab gini, “Ya sudah sana. Tapi waktumu tinggal 1 menit lagi buat nyelesaiin kerjaanmu.”

Gue ga tau nih tahapannya ngapain. Pas gue masuk kelompok gue, gue nanya orang sebelah gue harus ngapain. Terus dia nunjuk sebundel kertas di depan gue. Gue langsung sadar dan mata gue tiba-tiba melotot ngelihatin tuh bundle kertas (keterangan tambahan : gue melotot sama ga melotot tetep aja kelihatan sama). Jadi gini, gue dikasih kasus dalam sebuah cerita 4 halaman folio. Terus disuruh jawab menurut pendapat kita. Setelah itu, kita disuruh diskusi dengan kelompok buat bikin satu jawaban. Kemudian, kita harus presentasikan jawaban individu dan kelompok di depan seluruh peserta. Karena waktu udah habis, dan kertas jawaban gue masih kosong, hal yang gue lakukan adalah gue salin jawaban orang di sebelah gue. Hahahaha… kurang asal apa coba gue?

Setelah diskusi, gue presentasikan jawaban gue dengan baik. Setiap katanya pakai intonasi. Semua orang-orang pun terkagum-kagum lihat gue. Hahahaha.. #lebaybanget. Setelah semua kebagian ngomong, semua orang disuruh nunggu di luar buat pengumuman. Karena Cuma disuruh nunggu 5 menit, gue ga bisa ngabur lagi. Hehehe..

Lima menit kemudian… pengumuman belum keluar

Sepuluh menit kemudian.. masih belom keluar juga

Empat belas menit tiga puluh Sembilan detik kemudian.. pengumuman pun keluar

Ternyata gue lolos tahap selanjutnya.

Tahap selanjutnya adalah tahap tes tulis. Di sini kita disuruh ngerjain tes matematika, mekanika, sama listrik. Bikin pusing nih. Waktunya kalo ga salah 120 menit, buat D3. Tapi buat S1 90 menit, ditambah ga boleh pake kalkulator. Aduuuh… Akhirnya gue kerjain nih dengan serius banget dan dengan semangat 49. Coba tebak hasilnya! Yup, gue ga lulus ke tahap interview. Kenapa giliran gue serius malah ga lulus. Tau gitu gue ngasal aja sekalian.

Anyway, 2 bulan kemudian, perusahaan ini ngadain tes lagi di kampus gue. Gue sama temen cewe gue tadi ikutan lagi. Masih sama ada tiga tahap tes. Tahap pertama ‘3 minutes question’, gue lolos lagi. Tahap kedua ‘tes tulis’, yang menggagalkan gue di tes sebelumnya, kali ini gue sukses melaluinya. Tahap ketiga ‘diskusi grup’, tes yang sebelumnya gue sukses banget, kali ini gue gagal di sini. Temen cewe gue yang tes sebelumnya gagal di tahap pertama, dia lulus semuanya dan bakal diinterview di Jakarta. Gue cuma bisa melongo di sini.


Pelajaran yang bisa dipetik : kita ga pernah tau apa yang bakal kita dapat, yang bisa kita lakukan Cuma berusaha. Prinsip ini pasti bakal berguna banget buat hidup gue selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Negara Terjajak


Sudah menjajah 5 negara (luasnya 2.22% gambar)