Rabu, 05 Oktober 2011

Stupid Client and Stupid Engineer


Oke, sekarang waktunya kita belajar, anak-anak. Hehehe…
Mungkin ada diantara loe semua yang paham soal mekanika fluida (mekflu). Atau ada juga yang ga pernah denger. Dan pastinya juga ga sedikit yang pernah denger tapi pura-pura ga pernah tau. “Apa tuh Mekanika Fluida? Kok jadi bahas beginian sih ini blog?” “Mekflu? Lupa tuh!” Sebenernya Mekanika Fluida ini pelajaran wajib kalo loe semua pengen ngerti masalah sumur minyak. Selama sumurnya ngalirin minyak, air, ato gas sih loe pokoknya kudu ngerti. Wajib. Titik. Kalo sumurnya mati, ya suka-suka loe deh.

Jadi gini, sebenernya air itu bisa ngalir kalo ada perbedaan energi di antara dua titik. Dulu pas SD guru gue ngajarin kalo air itu mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah, terus pas gue tanya kenapa ada air mancur, pak guru jawabnya malah begini, “Udah pokoknya jawab kayak gitu aja, nanti ulangannya dapet 100”. Jadi air atau fluida itu bisa mengalir dari titik yang jumlah energinya lebih besar, ke titik yang jumlah energinya lebih kecil. Energi sendiri ada macem-macem, ada energi thermal (panas), energi kimia, energi listrik, energi magnet, energi suara, energi kinetik (gerak), energi potensial gravitasi, dan tekanan. Jadi si air mancur itu bisa ngalir dari bawah ke atas, gara-gara di bawah total energinya lebih besar daripada di atas. Gitu juga sumur minyak, dia bisa ngalir dari bawah tanah ke permukaan tanah gara-gara tekanan di bawah tanah itu lebih tinggi, plus lebih panas biasanya. Nah, kalo yang namanya “sumur mati”, itu tekanan di permukaan sumur sama dengan nol, alias ga ngalir sama sekali.

Jadi gini ceritanya soal stupid client ini. Ini gue masih kerja di salah satu platform mewah di Tunisia. Perusahaannya itu perusahaan gas punya Inggris.

Kalo udah kerja di dunia oil and gas setahun aja, kita harusnya tau dong kriterianya sumur mati, yaitu tekanan sumur di permukaan tanah sama dengan nol. Dengan kata lain, sumurnya ga ngalir sama sekali. Ah ga perlu setahun juga kali, kalo loe sekarang gue kasih tau juga pasti udah ngerti. Hehehe… Jadi ceritanya kru yang kerja pagi, tiba-tiba ngedapetin sumurnya mati. Alasan kenapa sumur mati, nanti aja gue certain, kalo ngga bakal panjang nih blognya. Hehehe… (intinya ada beberapa kegiatan yang bisa membunuh sumur). Terus kita kasih tau ke orang Well Service, kontraktornya oil company yang ngerti banget masalah sumur dan tau cara nangani sumur. Terus, si client yang baik hati ini memberikan kabar duka ini ke orang produksi. Dan, dua jam kemudian masih juga mati.

Stupid client (orang produksi) lewat radio walkie talkie: “Choke manifold masuk! Choke Manifold”
Temen gue : “Yes. Choke Manifold di sini. Go ahead.” Lain kali gue jelasin apa tuh choke manifold. Hehe..
Stupid client : “Berapa tekanan sumur sekarang?”
Temen gue : “Sumurnya masih mati Pak.”
Stupid client : “Iya gue juga tau kalo sumurnya mati sejak 2 jam lalu. Tapi berapa tekanan sekarang?”

Temen gue, plus supervisor, plus operator, ditambah kru chief, plus orang-orang coiled tubing, plus orang-orang cementing, plus orang-orang clompetion, plus orang-orang well testing semua saling bertatap muka, entah mau menjawab apa.Banyak amet isinya nih platform? Anyway, really smart question.
Oke kita tinggalin masalah stupid client ini, terus kita belajar sedikit yang namanya sand filter. Jadi, kalo sumurnya memproduksi pasir, kita harus buang tuh pasir sebelum minyaknya dipisahin dari air. Waktu itu gue kerja sama yang namanya sand filter dan cyclonic, tapi gue bakal jelasin sand filter aja buat kali ini. #utangguejelasintoolbanyakbanget#

Waktu gue denger cerita masalah stupid client ini, gue ngakak sejadi-jadinya. Eh, ga disangka, malamnya gue nemuin another stupid question. Engineer dari segment lain datengin gue pas gue ada di sand filter. Jadi, sand filter itu kerjanya kayak saringan. Bentuk dalemnya juga kayak ayakan pasir. Namanya aja keren “sand filter”, orang ga ada bedanya juga sama saringan. Gue sih lebih seneng manggil tuh alat “saringan”, “ayakan” aja sekalian – biarin presiden direkturnya ngamuk juga, ga urus. Hehehe..

Nah, yang namanya saringan, pasti bisa tersumbat. Kalo minyaknya bersih, pasti ga akan nyumbat si saringan. Gimana cara taunya saringannya tersumbat? Nih gue jelasin. Jadi di pipa sebelum saringan kita kasih sensor tekanan (pressure). Setelah saringan, juga kita kasih sensor tekanan. Kalo sebelum saringan dan sesudah saringan tekanannya sama, berarti minyaknya bersih – saringannya juga bersih. Kalo tekanan sebelum saringan lebih tinggi daripada sesudah saringan, berarti minyaknya masih kotor sama pasir – saringannya juga kotor. Beda tekanan ini kita nyebutnya DP (Differential Pressure). Nah kalo tekanan sesudah saringan lebih tinggi daripada sebelum saringan, itu Mission Impossible 5 namanya. Eh, yang keempat udah keluar belom ya?

Gampang kan prinsip kerjanya? Pokoknya gue jelasin sama persis ke si engineer itu. Dia sih ngerti. Tapi kalo loe ga ngerti, berarti ada yang salah sama cara gue jelasin. #mewek
Begitu selesai gue jelasin, si stupid engineer ini mukanya cerah banget. Dapet ilmu baru nih dia, hari ini. Terus dengan semangatnya dia lari ke sensor tekanan sebelum saringan. Dengan semangat dia cetet di buku sakunya. Terus dia lari ke sensor tekanan sesudah saringan. Terus dia catet lagi. Dia itung tuh beda tekanannya pake kalkulator super canggih. Terus dia samperin gue lagi.

Stupid engineer : “Wow, minyaknya bagus ya. Ga ada beda tekanannya. Sand filternya juga kerjanya bagus.”

Gue : “Lho, Pak? Sumurnya kan mati sejak tadi siang!” *^#%$&!*#^$!@#

Kalo yang namanya sumur mati mah ga ada yang ngalir. Tekanan sebelum sama sesudah saringan juga sama-sama nol. Apa yang mau disaring?


Pelajaran yang bisa dipetik : Ga ada yang namanya pertanyaan bodoh, yang ada hanyalah pertanyaan yang ditertawakan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

1 question...knp ga dijawab aja, pressure ny = 0. biar client ny bingung :D

Posting Komentar

Negara Terjajak


Sudah menjajah 5 negara (luasnya 2.22% gambar)