Kamis, 25 November 2010

Cultures Diversities


source
Guru Sunda : "Jang, cokot eta penghapus!" (Cokot = ambil (Sunda); gigit (Jawa))
Murid Jawa : "Atos iki Bu!" (Atos = sudah (Sunda); keras (Jawa))
Guru Sunda : "Mana?"


Itu sih contoh beda bahasa ya? bukannya beda budaya. wkwkwkwk. anyway, pokoknya sekarang gue pengen ceritain masalah perbedaan dalam pertemanan.

Pas trening di Abu Dhabi ini, gue paling seneng sama materi “culture”. Dari 59 peserta treining init uh, 11 orang dari Indonesia, sisanya dari berbagai Negara. Ada dari Norway, USA, Oman, Saudi, Thailan, Vietnam, China, pokoknya banyak dah. Pas sesi culture ini, masing-masing dari peserta harus ngasih 2 contoh budaya unik di negaranya masing-masing yang mungkin ga lazim di Negara orang lain. Gue ga hafal semuanya, tapi gue masih inget salah satu contoh yang gue kasih. Gue bilang ke mereka kalo di Indo tuh, kalo ada orang bilang mau ke belakang, berarti dia mau ke toilet. Gue males mikir apa lagi budaya unik di Negara kita, jadi y ague kasih yang itu aja.

Yang paling berkesan buat gue itu waktu temen China gue yang namanya Liu Wei ngasih contoh tentang budaya di negaranya. Jadi gini, kalo trainee di perusahaan init uh wajib pake helm yang warnanya hijau, tapi itu ga berlaku di China. Mereka pakai helm warna kuning kalo ga salah. Di negeri China daratan, mereka dilarang make topi atau helm warna hijau. Coba tebak kenapa! Jadi kalo ada orang yang pake helm atau topi warna hijau di negeri China daratan, mereka itu punya suami atau istri yang selingkuh. Xixixixi… kakakakakak.. peringatan buat temen-temen yang mau jalan-jalan ke China, jangan pake topi hijau. Hehehehe…

Suatu waktu, gue mau makan di restoran hotel. Karen ague datengnya awal, jadi antrian makanannya belom terlalu panjang. Setelah antri, gue lihat si kokinya orang India. Tambahan info nih, di Uni Emirat Arab ini banyak banget pekerja-pekerja dari India. Lanjut lagi ceritanya. Jadi, piring yang udah gue ambil, gue kasihkan ke koki india itu buat diisi sama makanan. Menu siang itu daging domba, nyum. Si koki ngambilin daging domba itu 3 potong. WHAT? Banyak bener. Terus dia nanya ke gue, “mau lagi?”. Gilak!! 3 potong aja udah kebanyakan apalagi mau ditambah. Gue ga mau tambah, jadi gue geleng-geleng ke dia. Eh, malah ditambah 2 potong lagi. GILAAAAA!!! Mana habis gue makan segitu banyak?

Pada akhirnya, karena gue memegang nilai-nilai orang Jawa kalo makan harus dihabisin, jadi dengan terpaksa gue habisin tuh 5 potong daging domba. Kalo ga dihabisin, nanti nasinya nangis. Gimana ga naik coba berat badan gue kalo cara makannya begini?

Beres makan, gue mau ngambil minum. Ternyata antrian buat makanannya udah jadi panjang banget. Untungnya ga ada yang ngantri buat ambil minum. Masalahnya, buat ngambil minum itu gue harus motong antrian makanan. Jadi dengan sopan, gue membungkukkan badan terus dengan tangan meminta jalan persis kayak orang Jawa, gue lewat di depan temen gue orang Amrik. Dia pun bingung dan bertanya, “Eh men. Ngapain loe?!” Gue pun tersadar kalo gue ga berada di tanah jawa lagi. #dodolbanget. Badan gue langsung tegap lagi terus ngomong ke dia, “Aduh tadi ada semut di lantai gue ngikutin semut itu.” Ga masuk akal kan jawaban gue. Wakakakakak…

Biasanya, sesi setelah sesi makan siang itu jadi sesi terberat selama treining. Gimana nggak, perut kenyang, mata pun berat. Kebetulan sebelah gue orang India juga, dan kelihatannya dia juga ngantuk berat.

Gue : “Men, loe ngantuk ya?”
Temen gue orang India itu cuma geleng-geleng
Wah hepat, pikir gue. Semua orang di kelas ini pada ngantuk, cuma temen gue orang India ini aja yang ga ngantuk, walaupun matanya ketutup setengah.
Ga berapa lama kemudian dia pun menguap.
Wakakakakak… ternyata geleng-geleng itu kalo di India berarti “YA”. Lagi-lagi perbedaan budaya antar bangsa.

Di kelas ini kan juga ada orang Brazil sama orang Saudi. Mereka sempet konflik, penyebabnya ini:
Si orang Brazil ini seneng banget megang kepala gue. Loe semua tau kan kalo di Indo itu, megang kepala orang itu sangat ga sopan. Apa lagi budaya orang Jawa. Terus gue merasa dilecehkan. (cie.. terlecehkan. Wakakakakak). Tapi gue inget kalo mungkin dia ga tau budaya Indo.
Gue : “Men, di Indonesia itu, megang kepala itu ga sopan banget”
Brazil : “Oya? Sorry coy. Gue ga tau. Soalnya kalo di Libya itu artinya ‘gue suka sama loe’”
Gue : “Oya?”
Brazil sambil megang-megang kepala orang Saudi : “Tuh kan dia aja ga ngambek”
Gue bisikin orang Brazil : “Men, coba loe pegang pantatnya”
Orang Brazil terdiam, ngelihati orang Saudi, terus megang pantat orang Saudi.
Mereka pun bertengkar. Ternyata di Saudi itu, megang pantat orang (sesame cowo lho ya), itu sangat tidak sopan. Kalo di Indo sih jelas, soalnya kepala itu kan tempat kita mikir, pusat segalanya. Otak kita ka nada di kepala. Kalo orang Saudi? :D peace ah

Jadi coy, perbedaan budaya itu biasa di perusahaan ini. Masih buanyak banget cerita konyol lainnya. Lain kali gue certain lagi deh.


Pelajaran yang bisa gue ambil :
Japanese Attitude for work :
“If one can do it, I can do it. If no one can do it, I must do it.”

Middle Eastern Attitude for Work :
“Wallahi If one can do it, let him do it. If no one can do it, ya-habibi how can I do it?”

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10150348318483360&set=a.379473193359.158222.290539813359&type=3&theater

0 komentar:

Posting Komentar

Negara Terjajak


Sudah menjajah 5 negara (luasnya 2.22% gambar)